Thursday, November 08, 2012

Kebijakan Internet

1. Tujuan

Kebijakan ini mencakup penyediaan pelayanan Internet bagi pelanggan Pelayanan Perpustakaan Melbourne (MLS) melalui komputer pribadi di Perpustakaan City, North Melbourne dan East Melbourne.
Kebijakan ini dikembangkan dengan dukungan Pernyataan ALIA tentang Isi dan Peraturan Online (1997, diamendemen 2001, 2003) dan mematuhi Tata Laku Industri Internet (IIA 2000-2006).

2. Definisi

Bagi tujuan kebijakan ini dan prosedur, definisi berikut akan berlaku:
  • ALIA berarti Asosiasi Perpustakaan & Informasi Australia
  • Hak Cipta berarti hak eksklusif yang diberikut oleh undang-undang untuk jangka jumlah tahun tertentu, untuk membuat dan membuang salinan, dan mengontrol karya kesusasteraan, musik, drama dan seni.
  • IIA berarti Asosiasi Industri Internet
  • Kota Madya berarti Melbourne City Council
  • Perpustakaan atau Pelayanan Perpustakaan berarti Perpustakaan yang dimiliki, atau dikontrol atau dikelola oleh Kota Madya, dan termasuk bangunan, ruang, kantor, laluan, tangga, ruang masuk, ruang pertemuan, pintu masuk yang bersebelahan serta fasilitas saniter dan termasuk Perpustakaan City, East Melbourne dan North Melbourne serta fasilitas perpustakaan di Docklands Hub
  • Pengguna berarti siapapun, apakah anggota ataupun tidak, yang berkunjung ke Perpustakaan bagi tujuan menggunakan segala sumber daya dan/atau fasilitas Perpustakaan
  • Anggota berarti pengguna manapun yang telah memenuhi persyaratan keanggotaan Perpustakaan dan mempunyai kartu keanggota yang berlaku
  • Anggota Staf Berwenang berarti siapapun yang dipekerjakan secara resmi oleh Kota Madya di Perpustakaan.

3. Permohonan

Kebijakan ini berlaku untuk semua bagian di Pelayanan Perpustakaan Melbourne.

4. Kebijakan

a. Pesanan dan biaya

Pelayanan perpustakaan mengharuskan pengguna memesan waktu pada komputer pribadi. Ini memerlukan keanggotaan berlaku yang sah pada Pelayanan Perpustakaan Melbourne. Dalam hal tertentu kartu pengunjung dapat diperoleh dari meja pelayanan pelanggan perpustakaan atas permohonan.
Persyaratan pemesanan berbeda sedikit antara City Library dan East / North Melbourne Library karena permintaan yang lebih besar untuk fasilitas komputer pribadi di City Library. Tidak ada biaya untuk penggunaan fasilitas komputer pribadi. Pelanggan dikenakan biaya pencetakan. Silakan lihat Biaya Perpustakaan untuk informasi lebih lanjut.
Komputer pribadi yang ditandai Komputer Ekspres tidak perlu dipesan tetapi terbatas pada sesi lima belas menit.
Komputer pribadi yang ditetapkan sebagai Katalog Perpustakaan, OPAC dan komputer Keanggotaan tersedia supaya pelanggan perpustakaan dapat mengakses katalog atau bergabung secara online, dan tidak tersedia untuk kegunaan Internet.

b. Pembiasaan, isi dan kualitas informasi – peran staf perpustakan

Internet merupakan sumber daya informasi yang berharga, dan staf Perpustakaan akan memberikan bantuan kepada klien untuk mencari informasi di Internet. Penyediaan bantuan ahli dan profesional kepada pengguna yang sedang mencari informasi di Internet membedakan perpustakaan ini dari pelayanan perpustakaan lain yang menyediakan akses Internet.
Bagi membantu dalam pengembangan keterampilan informasi dan komputer serta mempromosikan Internet sebagai suatu alat informasi dan penelitian, pelayanan perpustakaan akan membantu pengguna perpustakaan untuk mengembangkan keterampilan Internetnya sedapat mungkin. Ini termasuk menyediakan kelas yang ditargetkan dan direncanakan serta bantuan individu kepada pelanggan perpustakaan.
Pelayanan Perpustakaan tidak mempunyai wewenang atas informasi yang diperoleh dari Internet, dan tidak dapat dianggap bertanggung jawab atas ketepatan, otoritas atau ketepatan waktu informasi tersebut

c. Akses

Pelayanan Perpustakaan Melbourne berkomitmen terhadap pengembangan sumber daya yang memenuhi kebutuhan informasi yang beraneka ragam dari penggunanya, dan terhadap penggunaan teknologi terbaru dalam menyediakan akses ke sumber daya ini.
Pengembangan sumber daya online dengan menggunakan teknologi Internet memungkinkan pelayanan perpustakaan untuk mengembangkan sumber daya di luar perpustakaan, dan memberikan akses ke sumber dan sumber daya global kepada pengguna perpustakaan.
Pelayanan perpustakaan menyediakan komputer akses umum di setiap Perpustakaannya. Setiap komputer mempunyai akses ke Internet dan tersedia peranti lunak Microsoft Office.

d. Penyensoran

Kebiakan ini mengesahkan peran perpustakaan umum agar tidak menyensor penggunaan sumber dayanya, tanpa memperhatikan format. Persoalan penyensoran merupakan persoalan untuk pemerintah federal dan negara bagian.
Teknologi penyaringan tidak dapat menjamin bahwa segala bahan yang kurang pantas dapat dihalang, dan oleh demikian mungkin memberikan perasaan keyakinan yang kurang tepat kepada orang tua dan wali sah. Di samping itu, teknologi penyaringan dapat menghalang akses secara kurang pantas ke bahan-bahan dan oleh demikian sedang menyensor penggunaan Internet.

e. Izin dan pengawasan oleh orang tua

Pengawasan penggunaan Internet oleh pengguna Internet di bawah usia 18 tahun merupakan tangguna jawab orang tua/wali sah. Ini memerlukan keanggotaan perpustakaan Internet yang telah disetujui orang tua/wali sah.
Orang tua/wali harus menandatangani formulir keanggotaan perpustakaan yang mengesahkan bahwa telah dibaca “Persyaratan Penggunaan” untuk peralatan komputer yang tersedia di Perpustakaan.

f. Tanggung jawab hukum

Pengguna menerima tanggung jawab penuh dan pertanggungjawaban tunggal atas tindakannya sewaktu menggunakan Internet. Tanggung jawab atas isi online adalah tanggung jawab penyedia isi tersebut dan pengguna Internet saja.
Pengguna Internet bertanggung jawab atas mematuhi segala undang-undang internasional, federal dan negara bagian, termasuk undang-undang penyensoran, hak cipta dan lisensi peranti lunak.

g. Penggunaan kurang pantas

Pelanggan yang menggunakan Internet di manapun komputer pribadi internet Pelayanan Perpustakaan Melbourne diminta mempertimbangkan orang lain ketika memaparkan bahan yang mungkin kontroversial atau menyinggung di tempat umum.
Mengunggah dan/atau melihat bahan yang berisi bahan yang dianggap menyinggung sebagaimana yang didefinisikan oleh Victorian Equal Opportunity Act (Undang-undang Peluang Setara Victoria)1995 tidak diperbolehkan. Di samping itu, pengguna Internet yang menggunakan Internet di perpustakaan dan melanggar kebijakan ini dapat dikecualikan dari perpustakaan. Sesuatu yang dianggap kurang pantas bergantung pada supervisor regu, dan termasuk manapun dari yang berikut:
  • Memaparkan/mengunggah bahan pornografi/bahan yang menyinggung
  • Modifikasi peranti keras, penataan atau peranti lunak perpustakaan
  • Penggunaan Internet yang ilegal, kriminal atau antisosial
  • Merusakkan/mencuri sumber daya perpustakaan
  • Menolak meninggalkan komputer pribadi Internet apabila pesanan telah habis tempo dan akses diperlukan oleh pengguna lain.
Tindakan lebih lanjut sebagaimana yang diperlukan akan diambil untuk segala penggunaan ilegal/tidak sah Internet. Silakan lihat Persyaratan Penggunaan di bagian Fasilitas Internet & Komputer Kami di situs internet perpustakaan untuk informasi lebih lanjut.

h. Pelanggaran kebijakan

  • Untuk kali pertama, penjelasan lisan tentang kebijakan, dasarnya dan prosedur yang akan dilakukan apabila kebijakan dilanggar.
  • Untuk kali kedua, peringatan tertulis, yang menjelaskan sifat pelanggaran tersebut, kapan terjadi dan prosedur yang akan dilakukan.
  • Untuk kali ketiga, pemberitahuan tertulis tentang penarikan akses untuk pelayanan Internet tersebut.

i. Akses Internet Tanpa Kabel

Pelayanan Perpustakaan Melbourne menyediakan pelayanan Internet tanpa kabel secara gratis dari pukul 7.00 pagi sampai 7.00 sore tujuh hari seminggu, di ketiga Perpustakaan serta Docklands Hub. Ini memungkinkan pengguna mengakses Internet dengan menggunakan peralatan komputer sendiri. Walaupun pelayanan ini tidak memerlukan keanggotan perpustakaan, adalah persyaratan penggunaan agar segala persyaratan lain dalam kebijakan ini dipatuhi.

#IREKA SALSABILA
source: http://www.melbourne.vic.gov.au/MELBOURNELIBRARYSERVICE/INDONESIAN/Pages/InternetpolicyIndonesian.aspx

0 komentar: