Sunday, December 02, 2012

Mengembalikan File Yang Terformat atau Rusak


Mengembalikan File Yang Terformat atau Rusak

Disini kita pasti tahu bahwa harddisk, memory card, atau media penyimpanan apapun pasti ada kemungkinan untuk memulihkan file meskipun sudah terformat atau bahkan rusak.

Salah satu software yang cukup powerfull yang biasa saya pakai adalah Photorec www.cgsecurity.org/wiki/TestDisk_Download
. Software ini bahkan mampu mengembalikan file dari media penyimpanan yang tidak terdetect oleh software lain. Cukup ekstrak file hasil download ini ke harddisk kita dengan freespace sebesar kapasitas media penyimpanan yang akan kita pulihkan. Lalu jalankan file photorec_win.exe (untuk versi windows dan bisa download untuk os yang lain), selanjutnya kita akan disediakan beberapa option dan setelah itu program akan otomatis akan merecovery file-file. Memang tidak semua file akan direkonstruksi oleh sofware ini, namun hampir semua file yang umum yang kita pakai kebanyakan bisa, terutama file foto atau gambar.

Berdasarkan pengalaman, memory card atau hape yang sudah terformat sekalipun, file foto masih bisa dipulihkan jadi hati-hati buat yang sering gonta ganti hape atau bahkan kehilangan hape (terutama artis...hehehe). Atau andalkan media penyimpanan online, jadi misal kita foto tidak tersimpan dalam hape tapi langsung ke media penyimpanan online. Misal, dropboxhttp://db.tt/2W92Ztwi (ini merupakan link reference dropbox saya)
Dan untuk lebih berhasil dalam proses ini sebaiknya memakai komputer dengan motherboard yang baik dan memiliki pengontrol tegangan USB.

Sumber : pengalaman pribadi
#SARAH MUTIA

0 komentar: