Saturday, October 13, 2012

Soal TIK kelas 3 SMP



1.     Jelaskan perbedaan milis dengan e-mail !
Jawab :
E-mail merupakan fasilitas internet yang digunakan untuk mengirim surat elektronik. Sedangkan Milis (Mailing List) merupakan kumpulan dari e-mail yang membentuk sebuah kelompok atau group diskusi di internet, dimana setiap orang dapat berlangganan dan ikut serta di dalamnya.
Mengirim e-mail ke milis sama dengan mengirimkan e-mail kepada sebuah alamat e-mail biasa. Perbedaannya, e-mail yang kita kirim ke alamat milis akan dikirim ke banyak orang yang menjadi anggota milis. E-mail yang kita kirim ke alamat milis akan dikirimkan kepada kita juga. Anggota milis juga dapat membaca surat dari orang lain, kemudian mengirimkan balasannya.

2.    Jelaskan fungsi dari milis !
Jawab :
Fungsi dari milis adalah sebagai sarana komunikasi antara anggota kelompok. Kelompok tersebut dapat berupa kumpulan orang yang seprofesi, mempunyai hobi atau minat yang sama, anggota organisasi, teman-teman sekelas, dan sebagainya. Milis juga bisa menjadi tempat untuk berdiskusi yang dapat menambah wawasan, menerima informasi dari orang lain, berbagi cerita, maupun tetap menjaga hubungan dengan teman-teman lama kita, dan sebagainya bagi orang-orang yang tergabung dalam kelompok tersebut.

3.    Sebutkan beberapa pertimbangan menjadi anggota milis !
Jawab :
Beberapa pertimbangan menjadi anggota milis adalah
-      Tujuan milis,
-      Seberapa banyak e-mail yang masuk, dan
-      Waktu yang kita miliki untuk membuka e-mail.

4.    Jelaskan mengapa kita perlu tahu seberapa banyak e-mail yang masuk ke sebuah milis sebelum bergabung dengan milis tersebut !
Jawab :
Kita perlu tahu seberapa banyak e-mail yang masuk ke milis tersebut karena e-mail ke milis yang terlalu banyak akan merepotkan kita, apalagi jika tidak semua e-mail itu penting. Kotak surat kita bisa cepat penuh, apalagi jika kita tidak rajin membuka e-mail dan tidak punya waktu untuk menghapusnya.

5.    Sebutkan beberapa pertimbangan untuk keluar dari anggota milis !
Jawab :
Beberapa pertimbangan untuk keluar dari anggota milis adalah
1.     Bila kita harus pergi ke luar kota untuk jangka waktu yang lama dan tidak bisa membuka e-mail, sebaiknya kita keluar dari milis yang kita ikuti. Jika tidak, kotak surat kita akan dipenuhi dengan e-mail dari milis. Akibatnya, jika ada e-mail yang masuk, yang mungkin saja penting, menjadi terhalang dan tidak dapat kita terima.
2.    Jika kita merasa tujuan dari milis tersebut melenceng, atau ternyata kita tidak mendapatkan apa yang kita harapkan, kita dapat keluar dari anggota milis.
3.    Kita tidak punya waktu untuk membaca e-mail yang masuk, sehingga e-mail dari milis yang kita terima menjadi tidak berguna.

#Ireka Salsabila

0 komentar: